image1 image2 image3

HELLO I'M AZHARI TARMIZI|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M PROFESSIONAL WEB DEVELOPER

Universitas Mataram (UNRAM)

 Profil Kampusku Universitas Mataram (UNRAM)

 

UNIVERSITAS MATARAM
Universitas Mataram (UNRAM) merupakan perguruan tinggi yang diselenggarakan di bawah Kementerian Pendidikan Nasional, berkedudukan di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Proses berdirinya Universitas Mataram diawali dengan pembentukan Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri di Mataram berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP nomor 89/62 tanggal 26 Juni 1962. Panitia ini diketuai oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I NTB, yaitu R. Ar. Moh. Ruslan Tjakraningrat. Panitia persiapan ini kemudian membentuk Badan Persiapan, yang terdiri atas dua bagian, yaitu Bagian Inti (Gubernur, Danrem, Kepala Polisi, dan Kepala Cabang Kejati) dan Bagian Penyelenggara (Seksi Pelajaran diketuai oleh Drs. Soeroso, MA dan Seksi Material diketuai oleh Sadili Sastrawidjaja, SH). Badan Persiapan ini menghasilkan dua usulan pokok, yaitu :
a. Pendirian Fakultas Ekonomi, Fakultas Peternakan, dan Fakultas yang menghasilkan ahli agronomi
b. Alternatif nama Universitas: SANGKAREANG atau MATARAM.
Berdasarkan usulan Badan Persiapan yang diteruskan oleh Panitia Persiapan, ditetapkan berdirinya Universitas Negeri yang berkedudukan di Mataram, dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 139/62 tanggal 3 Nopember 1962. Sampai satu tahun setelah penerbitan SK tersebut, tidak ada kegiatan yang menandai berfungsinya universitas, sehingga atas permintaan Gubernur, pada tanggal 17 Nopember 1963 Yayasan Pendidikan Sangkareang membuka Fakultas Ekonomi yang diharapkan kelak akan menjadi salah satu fakultas di Universitas Negeri di Mataram.
Badan Persiapan Pendirian Universitas Mataram dibubarkan tanggal 7 Desember 1963 karena tugasnya dinyatakan telah selesai. Pada tanggal 19 Desember 1963 Yayasan Pendidikan Sangkareang menyerahkan Fakultas Ekonomi yang didirikan bersama 41 orang mahasiswanya kepada Gubernur untuk selanjutnya diresmikan oleh Menteri PTIP. Pada saat inilah secara resmi Universitas Negeri di Mataram mengawali kegiatannya. Atas dasar inilah pada masa-masa awal Universitas Mataram memperingati Dies Natalis pada tanggal 19 Desember. Namun setelah serangkaian proses pendirian tersebut dicermati ulang ditetapkan kemudian bahwa Dies Natalis jatuh pada setiap tanggal 1 Oktober.
Pada tahun 1967, Universitas Mataram mendirikan tiga fakultas sekaligus, yaitu Fakultas Pertanian (1967), Fakultas Peternakan (1967) dan Fakultas Hukum (1967). Pada saat itu Universitas Mataram masih berstatus Presidiumschop. Berdasarkan keputusan Rapat Senat Universitas Mataram tanggal 8 Maret 1968, presidiumschop Universitas diubah menjadi rectorschop. Keputuisan Senat ini diperkuat dengan keluarnya Surat Keputusan Direktur Jenderal Perguruan Tinggi nomor 156/KT/I/SP/68 yang menetapkan terhitung mulai tanggal 1 Maret 1968 presidiumschop Universitas Mataram menjadi rectorschop Universitas Mataram.
Dalam perkembangannya, hingga tahun akademik 2010/2011 Universitas Mataram memiliki 8 fakultas. Empat fakultas yang dibentuk setelah Fakultas Hukum adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), ditetapkan dengan SK Rektor Universitas Mataram nomor 102/PT.21/H4/1981 tanggal 25 April 1981. Kemudian Fakultas Teknik, fakultas ini didirikan berdasarkan perubahan status Sekolah Tinggi Teknik Mataram (STTM) menjadi Program Studi Teknik Sipil sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 68/Dikti/Kep/1991 tanggal 8 Nopember 1991. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 0375/o/1993 tanggal 21 Oktober 1993 secara resmi berdiri Fakultas Teknik di Universitas Mataram. Dua fakultas terakhir yang didirikan adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Kedokteran, masing-masing berdasarkan Surat Ketetapan Rektor Universitas Mataram Nomor 10146/H18/2007 tanggal 25 Agustus 2007 dan Surat Ketetapan Rektor Universitas Mataram Nomor 10147/H18/2007 tanggal 25 Agustus 2007.
Saat ini Universitas Mataram mengelola 44 program studi yang terdiri dari 8 program studi Magister, 29 program S-1 dan 7 program D-3. Khusus untuk Program Studi Magister (S-2) dikelola langsung oleh Program Pascasarjana berdasarkan SK Rektor No. 6847/J18.H/HK.01.11/2006 tanggal 3 Juni 2006.
Kantor Pusat Universitas Mataram untuk pertama kali bertempat di Taman Mayura Cakranegara (sebuah situs bersejarah bagi bangsa Indonesia), kemudian pindah ke Jalan Pendidikan 37 Mataram, dan akhirnya sejak 1993 menempati gedung Rektorat yang sekarang di Jalan Majapahit 62 Mataram. 


Artikel terkait : Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram, Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,Universitas Mataram, Budidaya Perairan Unram,

Share this:

CONVERSATION

1 komentar:

BUDAYAKAN BERKOMENTAR